Pages

Subscribe:
  • Apa si Diabetes itu ?

    Mengidap Diabetes/Diabetes Mellitus (DM)/Kencing Manis/Penyakit Gula, itu berarti...

  • Enam penyebab Diabetes Mellitus

    Seseorang yang menderita penyakit ini harus menjalani gaya hidup sehat dan mengurangi asupan gula benar-benar. Namun, sedikit sekali orang tahu penyebab utama dari penyakit ini dan mengapa hal itu dapat terjadi. Berikut ini ada 6 (enam) penyebab utama diabetes mellitus yang dibahas secara rinci...

  • Delapan gejala teratas Diabetes pada anak-anak (Juvenile Diabetes)

    Diabetes adalah sebuah penyakit serius, dan ketika penyakit ini menyerang anak-anak, ini bisa menjadi lebih berbahaya dan mengancam nyawa, astaghfirulloh...

Sabtu, 27 April 2013

Enam penyebab Diabetes Mellitus

Kita semua tahu, bahwa Diabetes Mellitus merupakan penyakit berat yang perlu dikontrol setiap saat supaya tidak menjadi semakin buruk. Jika tidak ditangani, dia bisa mempengaruhi organ-organ utama seperti jantung, paru-paru dan otak dan dapat menyebabkan komplikasi yang berat.

Seseorang yang menderita penyakit ini harus menjalani gaya hidup sehat dan mengurangi asupan gula benar-benar. Namun, sedikit sekali orang tahu penyebab utama dari penyakit ini dan mengapa hal itu dapat terjadi. Berikut ini ada 6 (enam) penyebab utama diabetes mellitus yang dibahas secara rinci.

PENYEBAB DIABETES MELLITUS
Infeksi
Penyebab paling umum seseorang terkena Diabetes Mellitus adalah infeksi. Ketika seseorang/individu terkena infeksi oleh bakteri ataupun virus, itu dapat menyebabkan dia terkena diabetes. Bakteri maupun virus ini akan menyerang tubuh, mereka meluangkan waktu untuk menetap di dalam tubuh dan mulai menyebar ke berbagai bagian tubuh, termasuk pankreas. Mereka menghancurkan sel-sel pankreas yang berfungsi untuk membuat insulin, sehingga membuat tubuh menjadi kekurangan insulin. Kekurangan insulin inilah yang menimbulkan diabetes mellitus.

Diet Tinggi Lemak
Penyebab lain dari penyakit ini yaitu mengkonsumsi diet tinggi lemak, termasuk banyak mengkonsumsi permen, gorengan, dan makanan yang mengandung lemak berat.Orang-orang yang memakan makanan yang berkadar gula tinggi kemungkinan besar akan mengalami masalah dari diabetes, juga orang-orang yang banyak mengkonsumsi alkohol, memiliki gaya hidup jarang bergerak, dan kelebihan berat badan/obesitas/overweight memiliki resiko terkena diabetes.

Racun Kimia
Penyebab umum lain dari penyakit berbahaya ini adalah racun kimia yang masuk bersamaan makanan. Racun ini juga dapat membunuh sel-sel pada pankreas yang berfungsi untuk membantu membuat insulin bagi tubuh. Ini adalah alasan mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa kita memakan makanan yang terbuat dari sumber yang sehat, menjaga makanan kita tertutup, dan menjaga kebiasaan makan sehat.

Bayi (minum susu) Sapi
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa ketika anak-anak diberi makan susu sapi pada usia yang sangat muda, komponen tak dikenal memaksa tubuh untuk menjalani reaksi autoimun di kemudian hari. Ini adalah alasan mengapa para dokter menyarankan agar hanya memberikan susu formula pada anak-anak sampai mereka mencapai usia 2 tahun. Susu sapi dapat memberikan berbagai reaksi dan menimbulkan komplikasi dalam tubuh jika diberikan pada bayi yang masih sangat muda, salah satunya adalah diabetes.

Tekanan Darah dan Kadar Lemak yang Tinggi
Orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau mengandung kadar trigliserida (triglycerides) yang tinggi, yang merupakan lemak berbahaya, bisa terkena diabetes dengan mudah. Ini merupakan salah satu penyebab diabetes mellitus yang sangat umum.
Sangatlah penting untuk mengkonsumsi lemak sehat dan dalam batas yang direkomendasikan. Tekanan darah tinggi sering menyebabkan diabetes dan harus dikendalikan dari awal. Anda dapat melakukan ini dengan mengurangi jumlah garam dalam makanan Anda.


Kerusakan Pankreas
Sering sekali, seseorang mengalami sakit atau kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada pankreas. Ketika hal ini terjadi, pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin seperti dulu, dan hasil ini ada pada seseorang yang terkena diabetes secara individu. Orang ini mungkin harus menyuntikan insulin dalam kasus seperti ini untuk menjaga agar kadar gula tetap terkontrol.

_sekian

0 komentar:

Posting Komentar