Pages

Subscribe:
  • Apa si Diabetes itu ?

    Mengidap Diabetes/Diabetes Mellitus (DM)/Kencing Manis/Penyakit Gula, itu berarti...

  • Enam penyebab Diabetes Mellitus

    Seseorang yang menderita penyakit ini harus menjalani gaya hidup sehat dan mengurangi asupan gula benar-benar. Namun, sedikit sekali orang tahu penyebab utama dari penyakit ini dan mengapa hal itu dapat terjadi. Berikut ini ada 6 (enam) penyebab utama diabetes mellitus yang dibahas secara rinci...

  • Delapan gejala teratas Diabetes pada anak-anak (Juvenile Diabetes)

    Diabetes adalah sebuah penyakit serius, dan ketika penyakit ini menyerang anak-anak, ini bisa menjadi lebih berbahaya dan mengancam nyawa, astaghfirulloh...

Kamis, 25 April 2013

Cara memasak beras merah

Memasak beras merah akan terasa lebih sulit karena teksturnya tidak sama dengan beras putih biasa. Takaran air yang kurang tepat menyebabkan tekstur nasi beras merah menjadi keras.

Berikut langkah-langkah memasak beras merah dengan menggunakan panci lebih besar untuk menghasilkan nasi yang lebih baik.

Bilas dengan bersih
Awali dengan membilas (jawa: pesusi) beras merah dalam saringan beras di bawah air keran untuk memastikan kotoran yang ada bisa hilang terbawa aliran air. Cara ini berlaku untuk semua jenis beras merah, seperti gandum panjang, gandum pendek, basmati, parboiled, dan lain-lain karena dapat menghilangkan sisa pestisida yang mungkin tertinggal. Dengan membilas, Anda akan mengurangi pembentukan gelembung pati pada saat beras merah dimasak.

Saring dengan baik sehingga kemungkinan air tertiris lebih banyak, lalu pindahkan ke dalam mangkuk. Gunakan panci besar dan takar air dengan tepat.

Siapkan panci besar dengan volume 10 atau 12 liter. Takaran air untuk satu gelas beras yaitu sepuluh gelas, jadi jika Anda akan memasak 2 gelas beras merah, maka gunakan air sebanyak 20 gelas. Hasilnya sekitar enam hingga tujuh gelas nasi matang. (catatan: 1 gelas sekira 237 ml).

Setelah air mulai mendidih, tuang beras merah ke dalam panci, lalu kecilkan api menjadi sedang, dan masak selama -/+ 30 menit tanpa ditutup. Sementara itu, siapkan saringan pasta di wastafel Anda.

Buang busa pati
Jika perlu, sendoklah busa pati yang menumpuk di atas permukaan nasi dengan hati-hati saat proses memasak berlangsung. Anda tidak perlu mengaduk beras selama dimasak.

Setelah 30 menit, matikan api dan saringlah air beras merah dengan hati-hati menggunakan saringan pasta sampai semua air tertiris.

Masak kembali
Masukkan kembali beras yang telah ditiriskan ke dalam panci tertutup dan biarkan matang selama 10 sampai 15 menit. Buka tutup, lalu pindahkan dengan hati-hati ke mangkuk besar. Nikmati bersama lauk selagi hangat.

Sumber: okefood.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Busa Pati nya mesti dibuang ya? Kalo dibiarin aja gimana? Pahit gitu? Setelah memasak beras merah ada kemungkinan pancinya bakal meninggalkan noda hitam membandel. Tapi, tenang sudah dishare tips menghilangkan noda hitam itu di http://bit.ly/1m4zxvc . Mulai membersihkan noda hitam membandel itu dengan cara yang tepat.

Posting Komentar